-->
GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Cara Menambah RAM dengan Menggunakan Flashdisk

Cara Menambah RAM Dengan Mudah

Bagi kamu yang memiliki RAM laptop atau komputer yang dirasa masih kurang besar, saya memiliki tutorial Cara Menambah RAM Dengan Flashdisk, dibanding membeli RAM yang kisarannya ratusan ribu rupiah, dengan tutorial ini kamu dapat memiliki RAM tambahan hanya dengan menggunakan sebuah flashdisk. Menambah RAM menggunakan flashdisk cukup efektif untuk meningkatkan performa terutama ketika membuka beberapa aplikasi bersamaan, yang tadinya membuka aplikasi sedikit lama menjadi cepat, dan juga tidak terjadinya lag ketika melakukan multitasking.

Sebelum lanjut ke tutorial tentunya kamu disarankan memiliki flashdisk yang masih kosong agar flashdisk dapat dimaksimalkan ruang penyimpanannya untuk RAM, jadi sebaiknya pindahkan file yang ada di dalam flashdisk ke komputer kamu, kemudian agar lebih bersih lalukan format flashdisk dengan cara, klik kanan pada flashdisk lalu pilih Format. Mari kita simak tutorial berikut.

Cara Menambah RAM dengan Menggunakan Flashdisk

Langkah pertama tentunya masukkan flashdisk ke komputer kamu, setelah itu buka properti flashdisk dengan cara, klik kanan pada flashdisk lalu pilih Properties.

Properties Pada Flashdisk


Kemudian pilih Ready Boost tab. Setelah terpilih, Ready Boost akan otomatis mendeteksi apakah flashdisk ini cocok untuk RAM atau tidak, jika muncul tulisan tidak bisa digunakan lakukan format flashdisk lalu set file system ke NTFS. Setelah itu centang Use this device.

Cara Menambah RAM Dengan Flashdisk


Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa besaran RAM yang akan disimpan pada flashdisk. Pada gambar, saya disarankan untuk menggunakan 7672 MB untuk menyimpan data yang berjalan. Setelah menentukan besaran RAM klik Apply dan kemudian klik OK.

Cara Menambah RAM Dengan Flashdisk

Setelah semua langkah telah dilakukan maka sebagian dari data yang sedang berjalan akan dipindahkan ke flashdisk, kamu bisa mengeceknya dengan melihat ukuran dari file ReadyBoost yang ada di dalam flashdisk. Menjadikan flashdisk sebagai RAM memang cukup membantu dalam membuka aplikasi menengah, namun jika untuk keperluan gaming saya rasa kurang efektif dan lebih baik membeli RAM yang sesuai dengan keperluan kamu.

Cukup mudah bukan tutorial diatas, jika kamu tidak ingin memakai flashdisk tersebut sebagai RAM lagi, kamu cukup hapus file Ready Boost yang ada di flashdisk atau bisa juga dilakukan dengan cara klik kanan flashdisk, lalu pilih Properties kemudan pilih tab ReadyBoost dan centang Do not use this device, lalu jangan lupa untuk klik Apply dan klik OK.

Sekian tutorial dari Cynef Tech, terimakasih telah membaca tutorial Cara Menambah RAM dengan Menggunakan Flashdisk dan jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapat informasi menarik lainnya. Jika kamu merasa kesulitan dalam mengikuti tutorial diatas kamu bisa langsung tulis komentar dibawah.
Related Posts
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

2 comments

  1. kalo misalnya fd nya mau di isi sm file lain bisa ga min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tinggal space di readyboost nya dikurangi sesuai kebutuhan

      Delete