-->
GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Perbedaan RAM dengan ROM yang Wajib Kamu Ketahui

Apa Pengertian RAM dan Pengertian ROM

Seringkali kita mendengar kata RAM dan juga ROM, baik di smartphone, laptop, dan juga komputer semua terdapat RAM dan ROM, namun pernahkah kamu bertanya-tanya apa fungsi dari RAM dan ROM, dan apa yang berbeda dari kedua hal tersebut?, dua hal tersebut memang saling berkaitan satu sama lain. Keduanya sama-sama merupakan tempat untuk menyimpan data, namun ada satu perbedaan yang mencolok dari RAM dan ROM, RAM memiliki tugas menyimpan sementara pengoperasian sistem sedangkan ROM memiliki tugas menyimpan data sistem operasi. Namun sebagian orang masih belum mengetahui apa arti sesungguhnya RAM dan juga ROM itu, oleh sebab itu kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan RAM dan ROM.

Apa itu RAM (Random Access Memory)


Apa Itu RAM

Random Acces Memory (RAM) merupakan sebuah perangkat keras yang ada di dalam komputer yang bertugas menyimpan data yang bersifat sementara pada proses yang sedang berjalan, yang artinya ketika kita membuka sebuah aplikasi maka data yang ada di aplikasi itu akan tersimpan secara real-time. Mengingat cara kerja ram yaitu secara real-time, maka jika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik terputus data yang ada di dalam RAM akan hilang.

Fungsi RAM sendiri adalah membaca data dan sebagai penyimpanan sementara. RAM dapat meningkatkan kinerja dari komputer, karena RAM menyediakan tempat penyimpanan sementara dari proses-proses yang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat juga proses yang dilakukan oleh komputer. Memori inilah yang mempengaruhi lancar atau tidaknya kita ketika sedang membuka aplikasi.

RAM sendiri berbentuk seperti chip yang menempel pada motherboard, berwarna biru gelap atau hijau dilengkapi dengan core-nya.

Apa itu ROM (Read Only Memory)


Apa Itu ROM

Read Only Memory atau biasa disebut ROM merupakan sebuah media penyimpanan permanen yang dapat dengan mudah dibaca, memori ini menyimpan data secara permanen yang artinya jika perangkat di matikan maka perangkat tersebut masih mengingat data apa saja yang ada di dalam memori tersebut. Data yang disimpan bisa berupa sistem operasi, BIOS, dan lain-lain.

Fungsi dari ROM sendiri ialah, sebagai alat pendistribusian software komersial dan sebagai media penyimpanan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contohnya ketika komputer dinyalakan maka dengan cepat komputer akan membaca operasi sistem apa yang akan dijalankan.

Perbedaan RAM dengan ROM

Pembeda RAM ROM
Singkatan dari Random Acces Memory Read Only Memory
Fungsi Menyimpan data yang bisa diakses
secara acak setiap saat
Menyimpan data internal yang
digunakan untuk menjalankan aplikasi, sistem operasi, dan juga
sistem lainnya
Jenis Penyimpanan Sementara Permanen

Cukup sekian untuk pembahasan Perbedaan RAM dengan ROM, terimakasih telah membaca artikel saya dan jangan lupa untuk berkunjung terus diblog ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar di bawah ini, semoga bermanfaat.
Related Posts
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

Post a Comment