GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Review Zenius dan Bedanya dengan Aplikasi Bimbingan Lain

Review Zenius Quipper Ruanggutu

Berdiri pada tanggal 7 Juli 2007, Zenius merupakan sebuah aplikasi bimbingan belajar yang berbasis online, Zenius juga menyediakan layanan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik melalui website atau aplikasi, maupun dengan media CD dan DVD. Berbeda dengan bimbingan belajar konvensional yang mengharuskan siswa/i mendatangi tempat bimbingan, di Zenius hanya dengan sebuah smartphone kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun yang artinya Zenius menjadi sarana belajar yang sangat friendly untuk kalangan muda. Zenius juga mengedepankan cara berpikir kritis, logis, rasional, dan pengetahuan sains dalam berbagai pembahasan.

Berbicara mengenai bimbingan belajar online tidak hanya Zenius namun masih ada bimbingan belajar lain seperti Ruangguru atau Quipper, dari ketiga bimbingan online tersebut masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, seperti metode pembelajaran, fasilitas, dan layanannya. Zenius sendiri memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup unik dibanding bimbingan lain, mau tau apa saja perbedaannya? Mari simak artikel berikut.

Review Zenius

Sebelum masuk ke review Zenius, disini saya tidak dibayar sepeserpun untuk membuat review ini karena saya membuat review ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama 1 tahun menggunakan Zenius.

Perbedaan Zenius Dengan Quipper Ruangguru

Berbeda dengan bimbingan belajar konvensional, bimbingan online lebih bebas, fleksibel, dan mandiri, sedangkan kovensional lebih terikat, terbatas, dan kurang efisien dari segi waktu. Terlepas dari itu, semua kenyamanan tergantung pada sifat masing-masing murid lebih nyaman dengan konvensional atau online.

Pembahasan Soal yang Komplit

Ketika kamu membuka aplikasi Zenius terdapat banyak pilihan menu seperti kumpulan soal UTBK, soal UN, soal ujian mandiri, ataupun soal lainnya, yang menariknya adalah setiap soalnya terdapat pembahasan video serta terdapat pilihan untuk mengunduh file soal.

Dibagian pembahasan soal inilah yang paling menarik menurut saya karena jika aplikasi lain lebih bermain dengan rumus maka di Zenius tidak demikian, dengan tentor yang ahli pada bidangnya mereka mengajar menggunakan konsep dasar terlebih dahulu, urusan rumus tergantung ide masing-masing pribadi akan seperti apa rumusnya, karena jika sudah mengetahui konsep dasarnya seperti apa maka dengan mudah kamu akan mengetahui apa permasalahan yang ada di soal itu.

Soal Soal Zenius Lengkap

Adanya Fitur TryOut

Fitur TryOut ini baru hadir pada bulan Oktober di tahun ini merupakan simulasi UTBK untuk mengetahui seberapa jauh kamu dapat mengerjakan UTBK, sama seperti aplikasi TryOut lainnya, fitur TryOut akan diadakan sebulan sekali. TryOut ini juga ada Report yaitu hasil dari simulasi kamu memiliki skor berapa dan skor tersebut dapat dapat di analisis.

Tryout Zenius

Zenius Insight

Merupakan kumpulan video motivasi dalam meningkatkan belajar, tapi bukan video motivasi biasa lho, video motivasi di Zenius Insight ini sangat menyentuh karakter kamu seperti bagaimana cara menghadapi masalah, mengetahui potensi diri, motivasi ke depannya, cara berpikir dalam pembelajaran, dan banyak hal lainnya.

Zenius Article


Review-Zenius

Dalam Zenius Article terdapat artikel pembelajaran, tips dalam mencapai tujuan, tips belajar yang baik seperti apa, dan berbagai tips lainnya, jadi intinya Zenius Article seperti versi tulisannya dari Zenius Insight. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di Blog Zenius.

Tentor yang Friendly

Yang cukup berbeda dari aplikasi bimbingan online lainnya adalah di Zenius memiliki cara penyampaiannya santai namun tetap mudah dimengerti, dan satu hal lagi jika di aplikasi lain tentornya terkesan kaku maka di Zenius tidak seperti itu, dalam memberi penjelasan para tentor ini menggunakan bahasa sehari-hari kita yang menurut saya lebih terasa dekat dengan tentor karena seperti diajari oleh teman sendiri namun bedanya temannya ini sudah mahir, Haha.

Harga Langganan

Harga berlangganan setiap aplikasi bimbingan belajar berbeda-beda sesuai dengan keperluannya, Ruangguru menawarkan tarif berkisar dari Rp790 ribu hingga Rp1,4 juta, selain Ruangguru ada juga Quipper yang menawarkan tarif dari Rp540 ribu hingga Rp1 jt, sedangkan Zenius hadir lebih murah berkisar Rp10 ribu hingga Rp450 ribu.

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa perbedaan tersebut masing-masing aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya, jadi tidak dapat ditentukan bahwa Zenius lebih unggul dibanding aplikasi lain, semua kembali pada pribadi masing-masing. Dan untuk kamu yang ingin melihat testimoni dari para pengguna Zenius lainnya bisa cek di Blog Zenius.

Sekian terimakasih telah membaca ulasan aplikasi Zenius, jika ada kurang boleh ditambahkan di kolom komentar, semoga bermanfaat.
Related Posts
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

4 comments

  1. Zenius bagus dari cara menyampaikan materi soal2 mat fis nyapas try out sbmptn itu simple tapi tricky ,nah penyusun soalnya yg jago nih,kl menurut gua kyknya lbh valid soal zenius di matnya.gua yg ud pengajar sbmptn untuk mat fis aja msh terus langganan zenius utk ngajat karena caranya simple gak berbelit belit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp di Zenius cara menyampaikannya juga bikin gampang ngerti, terimakasih untuk tambahan informasinya sobat!

      Delete