-->
GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Perbedaan SSD dan HDD yang Membuat Kamu Kagum

Perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD - Hard Drive Disk (HDD) atau biasa disebut Hard disk merupakan sebuah media penyimpanan yang selama ini digunakan untuk PC desktop maupun laptop. Zaman yang mulai canggih ini membuat beberapa perusahaan berlomba dalam pengembangan teknologi HDD menjadi sebuah media penyimpanan yang memiliki kemampuan baca dan tulis data hingga 8 kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD yaitu SSD atau singkatan dari Solid State Drive.

Pada komputer biasanya akan menggunakan kedua media penyimpanan tersebut, SSD digunakan untuk media penyimpanan pertama yang dimana sistem operasi berjalan, sedangkan HDD digunakan sebagai media penyimpanan kedua yang berisi segala macam data yang dimiliki.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan SSD dan HDD mulai dari pengertian, harga, kapasitas, peforma, durabilitas,  kemampuan fragmentasi, dan ukuran fisiknya. Berikut kita simak bersama.

Apa itu SSD dan HDD?


Perbedaan HDD dan SSD

Hard Drive Disk (HDD) adalah sebuah perangkat keras untuk menyimpan data di sebuah komputer. Sebuah hard disk menggunakan piringan besi (Seperti CD). Dengan piringan yang dapat berputar sebuah data dapat tersimpan dan dibaca, dan semakin tipis piringan tersebut maka semakin bagus juga kemampuan menyimpannya. Dengan alasan ini, piringan bisa saja memiliki ukuran yang sama tetapi memiliki kapasitas yang berbeda.

HDD telah dikembangkan dari tahun 1960 hingga sekarang ini yang memiliki kemampuan canggih yang dapat menyimpan ratusan data besar sekaligus

HDD biasa digunakan sebagai media penyimpanan perangkat seperti desktop atau komputer, laptop, dan server provider.

Solid State Drive (SSD) hampir sama dengan HDD bedanya file yang tersimpan di media tersebut terhubung satu sama lain di sebuah chip. SSD juga biasanya menempel di motherboard karena ukurannya yang ramping sehingga banyak digunakan pada laptop, tablet, smartphone, dan kamera.

Perbedaan SSD dan HDD

Sebelum masuk lebih dalam, pada dasarnya SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan file, akan tetapi ada hal yang membuat SSD atau HDD unggul jika penggunaannya benar, seperti contohnya kamu menggunakan HDD pada komputer karena ingin memiliki ukuran penyimpanan yang besar dan harga yang murah, bergitu juga dengan SSD. Untuk penjelasan lebih lanjut mari kita simak.

Pembeda Solid State Drive (SSD) Hard Disk Drive (HDD)
Harga Kisaran harga Rp4.000/GB Kisaran harga Rp2.000/GB
Kecepatan baca/tulis 200 MB/s hingga 3500 MB/s Sampai dengan 1700 MB/s
Keunggulan Memiliki performa tinggi sehingga mempercepat proses baca/tulis Lebih murah dari SSD, Banyak perangkat yang menggunakannya
Kekurangan Durabilitas tidak seperti HDD, Tidak bagus untuk menyimpan data jangka panjang Komponennya membuat kecepatan baca lebih lambat dari SSD

Segi Harga

Bagi kamu yang ingin memiliki SSD atau juga HDD tentu harus memperhatikan kegunaannya, misalnya ingin merakit PC gaming dengan menggunakan SSD dan juga HDD namun memiliki budget yang kurang memadai kamu bisa pilih HDD saja dengan harga yang relatif murah sekaligus mampu menyimpan file hingga ratusan GB.

Harga dari kedua hardisk ini jika diukur berdasarkan TB biasanya SSD dengan penyimpanan 1 TB akan dibanderol Rp2.8 juta sedangkan HDD lebih murah yaitu hanya berkisar Rp700 ribu hingga Rp1 juta.

Segi Kecepatan

Kecepatan yang dapat di proses oleh masing-masing Drive tentu berbeda seperti ketika memindahkan, menghapus, menyalin, mengedit, dan proses lainnya tentu SSD akan lebih unggul dibanding dengan HDD.

Contohnya seperti SSD yang terpasang di komputer maka komputer kamu akan bekerja dengan cepat dan memiliki performa yang lebih baik dibanding dengan HDD, singkatnya komputer yang menggunakan SSD akan bekerja lebih cepat.

Sedangkan komputer yang terpasang HDD akan membutuhkan waktu lebih lama, namun tidak menutup kemungkinan sebuah HDD bisa dikatakan lambat dalam proses, semua tergantung kebutuhan masing-masing, namun jika kamu ingin memiliki komputer dengan performa tinggi maka gunakan SSD sebagai media penyimpanannya.

Saat ini SSD paling cepat memiliki kecepatan baca hingga 3,500 MB/s dan kecepatan menulis 3,000 MB/s.

Segi Kapasitas

Di awal pembahasan saya sempat menyinggung soal kapasitas dari kedua Drive ini, jika ingin memiliki kapasitas yang besar maka kamu bisa menggunakan  HDD, namun jika ingin memiliki media penyimpanan yang cepat kamu bisa menggunakan SSD.

Tentu HDD memang memiliki keunggulan di segi kapasitas yang besar. Pada saat ini kita bisa melihat ada drive yang mampu menyimpan hingga 12 TB yaitu HDD keluaran Seagate seri IronWolf NAS, bayangkan saja 12 TB! saya saja yang punya 500 GB gak pernah penuh tuh.

HDD sudah, sekarang kita menuju ke SSD, jika di segi kecepatan SSD menang telak dengan HDD, namun bicara soal kapasitas SSD memiliki kapasitas yang lebih sedikit, tercatat SSD yang memiliki kapasitas terbesar hanya sampai 2 TB itupun memiliki harga yang sangat mahal.

Segi Durabilitas

SSD dan HDD memiliki struktur yang berbeda, jika HDD memiliki piringan yang berputar maka SSD tidak ada pergerakan mekanik yang ada didalamnya, sehingga ketika HDD terbentur atau jatuh maka kemungkinan rusaknya cukup tinggi karena dikhawatirkan akan merusak bagian rotor pemutar piringan HDD.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena pada saat bekerja head hard disk mengambang lebih kurang beberapa perseribu di atas permukaan piringan. Suatu guncangan atau benturan akan menyebabkan penyentuhan kepala bagian magnetis disk. Dengan kecepatan putar penuh penyentuhan kepala ini akan merusak jalur, jika hal ini terjadi pada daerah rawan pada file direktori maka akibatnya akan fatal.

Hal ini berbeda dengan SSD yang hanya memiliki chip yang kokoh, walaupun tidak memiliki pergerakan mekanik didalamnya SSD tetap bisa saja rusak jika terbentur atau tak sengaja jatuh, namun tingkat presentase kerusakannya lebih kecil dibanding dengan HDD.

Baca juga:
Perbedaan RAM dengan ROM yang Wajib Kamu Ketahui
Cara Menambah RAM dengan Menggunakan Flashdisk
Cara Menggunakan Fitur Timer Aplikasi di Android

Fragmentasi

Fragmentasi disk adalah sebuah masalah yang berkaitan dengan pembuatan dan penghapusan disk yang terus menerus. Sepanjang usia normal dari sebuah disk, banyak file yang dibuat dan dihapus, dan karena itu terciptalah ruang-ruang atau celah-celah pada daerah disk yang digunakan. Sebuah disk yang memiliki lubang-lubang atau ruang-ruang semacam itu dikatakan telah Defragmentasi.

SSD dan HDD tentu saja memiliki kemungkinan memiliki masalah seperti di atas, semua tergantung cara penggunaannya.

Ukuran Fisik SSD dan HDD

Pada umumnya pengembangan HDD bisa lebih kecil dari 3.5-inch, biasanya ukuran tersebut tergantung pengembangan media penyimpanan pada perangkat tertentu seperti laptop atau tablet, Namun ukurannya tak lebih kecil dari 1.8-inch karena HDD memiliki piringan yang berputar sehingga jika lebih kecil dari itu maka kapasitasnya akan berkurang.

Berbeda dengan SSD, SSD bebas dikembangkan hingga sekecil apapun, mungkin saja di masa depan nanti kita akan mendapati SSD sekecil nasi Haha.

Noise (Kebisingan)

Yang kita ketahui dari artikel di atas bahwa HDD memiliki piringan yang berputar, putaran inilah yang biasanya menimbulkan suara, semakin cepat proses baca/tulis HDD maka semakin bising pula HDDnya.

Di studio musik biasanya akan memilih menggunakan SSD karena tidak bising. Kenapa tidak bising? Karena SSD tidak memiliki bagian mekanik yang bergerak dan benar-benar murni sebuah chip.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa SSD dan HDD memiliki 7 perbedaan, jika dilihat  lebih bagus atau jelek yang mana menurut saya semua tergantung pemakaiannya untuk apa. Dan satu hal lagi untuk kamu yang ingin membeli SSD atau HDD pilihlah sesuai kemampuan dan kebutuhan kalian jangan sampai salah pilih, karena dari SSD atau HDD itu sendiri menurut saya kembali lagi seperti awal, yaitu tergantung pemakaiaannya dan untuk apa.

Terimakasih telah membaca artikel Perbedaan SSD dan HDD jangan lupa untuk berkunjung di artikel lain dan dukung terus blog ini dengan Subscribe Newsletter kami. Semoga bermanfaat.
Related Posts
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

3 comments

  1. wah terima kasih gan, jadi dapet info untuk nanti rakit PC

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, jangan lupa berkunjung kembali hehe

      Delete
  2. Nice blog .good excellent content.
    Also well organised and thought.
    πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

    ReplyDelete