-->
GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT serta Perbedaannya?

Apa itu NTFS FAT32 FAT16 exFAT

Bagi sebagian orang yang awam tentang sistem file mungkin bingung ketika mendengar NTFS, FAT32, ataupun exFat, ketiga jenis sistem penyimpanan ini merupakan pengaturan bagaimana nantinya file akan disimpan di dalam media penyimpanan seperti Flashdisk atau Hardisk.

Sekarang kamu gak perlu bingung lagi tentang NTFS, FAT32, dan exFAT karena Cynef akan menejelaskan tentang apa itu NTFS, FAT32, dan exFAT beserta perbedaannya.

NTFS


Apa itu NTFS

Merupakan singkatan dari New Technology File System. Dikenalkan pada tahun 1993, pada awalnya Microsoft dan IBM akan membuat sebuah sistem file bernama OS/2 yang memiliki banyak fitur baru di dalamnya, namun karena ada permasalahan internal antara Microsoft dan IBM, akhirnya proyek tersebut kandas dan IBM tetap melanjutkan OS/2 sedangkan Microsoft mengembangkan Windows NT untuk membangun sistem file yang dinamakan NTFS, hasil dari proyek sistem file NTFS banyak meminjam konsep dari OS/2.

Hadir pertama kali pada sistem operasi Windows XP, NTFS memiliki desain yang sederhana namun kemampuannya melebihi FAT32 yang pernah dikembangkan sebelumnya, seperti mampu menyimpan file lebih dari 4 GB dan memiliki sistem enkripsi sendiri sehingga file terjamin keamanannya.

FAT32


Apa itu FAT32

FAT32 merupakan pengembangan dari FAT16, FAT adalah sistem penyimpanan terlawas yang dikenalkan pada tahun 1977 pada awalnya hanya 8-bit sistem file namun setelah dikembangkan lagi barulah muncul FAT32 yang memiliki 32-bit sistem file yang pada saat itu digunakan pada sistem operasi MS-DOS 7.1/Windows 95.

Baca juga:
Perbedaan RAM dengan ROM yang Wajib Kamu Ketahui 
Cara Membuat Bootable USB Tanpa Software 
Perbedaan SSD dan HDD yang Membuat Kamu Kagum

Sistem file FAT32 menggunakan cluster yang terkecil dari sistem file FAT, mempunyai duplicate Boot records dan mempunyai ciri-ciri direktori akar yang dapat dijadikan beberapa ukuran serta dapat ditempatkan dimana saja dalam disk dari partisi.

Biasanya FAT32 sering digunakan untuk media penyimpanan seperti flashdisk karena memiliki kompabilitas tinggi pada device ini, seperti contoh flashdisk yang kamu beli sudah diatur secara default menggunakan sistem file FAT32.

Tidak seperti NTFS, FAT32 tidak memiliki sistem enkripsi file yang dapat menjaga keamanan file, juga keterbatasan pada penyimpanan file yaitu kurang dari 4 GB, dan FAT32 ini tidak mendukung fitur kompresi file sehingga data yang disimpan akan besar.

ExFAT


Apa itu exFAT

exFAT adalah singkatan dari Extended File Allocation Table, sistem file ini pertama kali dikenalkan pada Windows CE 6.0 yang tertanam pada sistem operasi tepatnya pada tahun 2006. Sistem file ini dapat digunakan sebagai alternatif dari sistem file NTFS karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

exFAT sendiri juga biasa disebut FAT64 yang juga merupakan upgrade besar-besaran dari FAT32, pada dasarnya exFAT dan FAT32 memiliki ciri khas yang hampir sama, jika FAT32 hanya mampu menyimpan data kurang dari 4 GB berbeda dengan exFAT yang mampu menyimpan file lebih dari 4 GB, exFAT juga memiliki kemampuan menangani beban dari HDD (Hard Disk Drive) yang berukuran besar. exFATjuga dapat berfungsi pada Mac OS X dan juga di Linux namun pada Linux membutuhkan aplikasi tambahan.

Perbedaan NTFS, FAT32, dan exFAT


Pembeda NTFS FAT32 exFAT
Max. Ukuran Volume 256 TiB-64 KiB 16 TB (4 KB sektor dan 64 KB kluster) 128 PiB, 512 TiB
Max. Panjang Nama File 255 karakter 8,3 karakter 255 karakter
Max. Ukuran File 256 TiB-64 KiB 4 GB 128 PiB
Enkripsi Ada Tidak ada Tidak ada
Fault Tolerance Auto Repair Tidak ada Tidak ada
Keamanan Local dan Network Hanya Network Hanya Network
Kompresi Ya Tidak Tidak
Kompabilitas Win NT/2K/XP/Vista/8/10/Mac OS X & Linux Win 95/98/2K/2K3/XP/Mac OS/Linux Win CE/XP/2K3/Vista/7/8/10/2K8/Mac OS X/Linux

Kesimpulannya adalah bahwa FAT32 adalah versi penyempurna dari FAT16, namun NTFS juga hadir sebagai pilihan selain FAT32 dikarenakan memiliki fitur yang lebih lengkap, dan exFat juga sebagai alternatif dari NTFS karena ringan dan memiliki kompatible dengan banyak media.

Terimakasih telah membaca postingan Perbedaan NTFS, FAT32, dan exFAT dari saya jika ada yang ingin ditanyakan silakan kirim pertanyaanmu ke kolom komentar, semoga bermanfaat.
Related Posts
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

Post a Comment