-->
GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Alasan Blog Ditolak Oleh Google AdSense

Alasan Blog Ditolak Oleh Google AdSense
Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya disini untuk membahas beragam informasi dan tips seputar dunia blogger. Pada kesempatan yang indah ini saya berniat untuk membagikan informasi mengenai alasan kenapa blog selalu ditolak oleh Google AdSense, padahal kamu sendiri selalu berpikir untuk membuat atau membangun blog sesuai dengan standar Google dan mematuhui setiap kebijakan dari program Google AdSense.

Nah, dari sekian banyaknya blogger yang sudah pernah ditolak, beberapa diantaranya sudah memahami dengan baik kenapa blog mereka ditolak oleh Google, tetapi masih banyak juga yang masih bingung karena tidak tahu pasti dimana letak kesalahan mereka sehingga blog yang sudah dibuat dengan konten original masih di tolak mentah-mentah.

Secara umum, Google AdSense selalu memperbaharui kebijakan dan peraturan yang mereka buat setiap beberapa bulan sekali. Boleh dikatakan kalau untuk saat ini mendaftar di Google AdSense memang terbilang cukup sulit, terlebih lagi kalau tujuan awal kamu terjun ke dunia blogging untuk diterima Google AdSense dalam waktu yang singkat, saya rasa itu adalah hal yang mustahil.

Perbedaan yang paling terlihat dari tahun-tahun sebelumnya, setiap kali saya membangun blog dari platform Blogspot, tidak menunggu sampai satu bulan saja tombol penghasilan AdSense sudah aktif, untuk sekarang ini dibutuhkan waktu sampai berbulan-bulan, bahkan blog dengan isi konten 40 artikel saja masih belum menjamin AdSense bakal aktif. Hanya saja, tidak semua blog baru akan mengalami hal seperti itu, beruntung kalau kamu sudah ngeblog dari dulu karena mungkin sudah memiliki stok akun AdSense dan terbiasa dengan pembaharuan informasi dan peraturan dari Google.

Nah, kesempatan terbaik bagi saya untuk memberikan sedikit pengalaman terkait dengan alasan kenapa blog selalu ditolak oleh Google AdSense. Mungkin dengan adanya informasi ini bisa sedikit memberikan pencerahan kepada kamu untuk lebih memahami dengan baik surat penolakan dari AdSense di email kamu. Langsung saja kita bahas dibawah ini.

Alasan Kenapa Blog di Tolak Google Adsense

Ditolak oleh Google AdSense? Ini Alasannya

1. Blog tidak memiliki konten yang memadai

Seringkali isi surat penolakan yang paling umum dari AdSense adalah blog yang kamu miliki tidak memiliki konten yang memadai.

Maksud dari penolakan ini sebenarnya ingin memberitahukan kepada pengembang atau pemilik blog agar lebih mengoptimasi blog dengan konten-konten yang berbobot. Kalau selama ini kamu mengetik artikel sebatas 400–500 kata saja, cobalah buat konten artikel dengan panjang karakter lebih dari 1000 word.

Google tidak mau menyajikan informasi kepada pengguna mereka atau pembaca dengan artikel yang tidak memadai atau hanya berisikan spam keyword. Pembaca membutuhkan konten yang memiliki manfaat, informasi akurat dan bisa diterapkan sebagai bentuk solusi yang didapatkan dari hasil pencarian di Google.

Pembuatan konten yang benar-benar memadai itu cukup sulit dilakukan, terlebih lagi kalau kamu minim dalam penggunaan tata bahasa, ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk mendaftarkan blog ke AdSense, coba perbaiki dan diagnosa kembali blog kamu secara maksimal. Minimal untuk bisa diterima AdSense, jumlah konten bisa kurang dari 30 asalkan panjang karakter mencukupi atau sekitar 1000 word lebih.

2. Konten tidak selaras dengan topik blog kamu

Membangun blog memang tidak semudah yang kita bayangkan, sekali saja kita salah langkah diawal, maka dampaknya pasti akan ditolak oleh Google AdSense.

Pengalaman saya yang pernah mendapatkan keluhan dari seorang blogger, blognya ditolak mentah-mentah meskipun sudah berumur kurang lebih 8 bulanan, jumlah konten lebih dari 100 buah dan tentunya semua fitur yang ada di dalam template sudah sangat lengkap dan berumur. Lantas, dari mana kesalahan blog tersebut sehingga ditolak Google AdSense? Padahal jumlah karakter dari setiap artikel minimal 800–1000 word, ini menjadi pertanyaan yang seringkali sulit untuk dijawab para blogger.

Ternyata, usut punya usut, kesalahan utama adalah mencampurkan beberapa kategori yang sebenarnya tidak termasuk ke konsep blog tersebut. Konsep utama dari blog tentang finansial, tetapi ada beberapa trik dan tips Android yang lebih berbau “konten ilegal“ seperti cara dapatkan kuota gratisan dan pemakaian aplikasi ilegal.

Inilah penyebab utama kenapa blog langsung ditolak mentah-mentah. Jika kamu bertanya, apakah blog gado-gado bisa diterima AdSense? Tergantung, gado-gado atau campuran seperti apa? Kalau campurannya masih dalam 1 konsep tidak masalah. Contoh, bisa dilihat dibawah ini.
  • Gado-gado satu konsep: Teknologi (Bahasa gadget, review, dan tutorial, Android, laptop, tech terbaru, berita, dll)
  • Gado-gado 2 konsep: Android dan Finansial (Masih bisa)
  • Gado-gado 3 konsep: Kesehatan, trik dan tips Android, blogging (Saya jamin akan sulit diterima atau skenario terburuknya ditolak mentah-mentah)

Intinya, Google tidak mau pembaca mendapatkan iklan yang kurang relevan, dampaknya jelas terhadap pengiklan yang sama sekali tidak mendapatkan target kunjungan sesuai dengan yang mereka harapkan. Maka dari pada itu, buatlah konten yang benar-benar memadai sesuai dengan konsep blog kamu.

3. Pastikan jumlah trafik blog kamu mencukupi

Salah satu faktor penentu blog bisa diterima Google AdSense adalah dilihat dari jumlah pengunjung blog, beberapa pakar SEO percaya jika blog yang ramai pengunjung pasti mudah sekali diterima AdSense.

Logikanya seperti ini, ketika blog kamu memiliki pengunjung lebih dari 100.00 visitor per hari, maka besar kemungkinan itu peluang terbaik untuk pengiklan mendapatkan calon pelanggan mereka, sehingga Google akan memberikan rekomendasi terbaik untuk situs kamu dengan menampilkan iklan kepada pengunjung. Dengan begitu, pengiklan mendapatkan target pengunjung yang tepat dan semakin percaya dengan Google, sedangkan kamu mendapatkan profit dari keuntungan bagi hasil dari AdSense.

Cara kerja seperti ini jelas akan terjadi jika pengunjung blog kamu banyak, itulah kenapa Google tidak akan pernah mau menerima blog dengan pengunjung yang sedikit atau dibawah 50 orang per harinya. Meskipun begitu, beberapa tahun yang lalu, hal ini masih mudah sekali untuk dilakukan.

4. Terlalu ambisius sehingga lupa dengan kualitas blognya

Google sudah memberikan informasi melalui halaman penghasilan AdSense kalau blog belum memenuhi syarat karena mungkin ada 3 faktor diatas yang belum terpenuhi dari blog kamu, tetapi masih banyak juga yang tidak menghiraukannya dan tetap untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan cara manual yaitu lewat internet.

Meskipun itu bisa dilakukan, Google tetap berpatokan dengan fitur penghasilan yang ada di platform mereka, sehingga kamu tidak bisa dengan mudah lolos begitu saja. Blogger yang terlalu berambius untuk mendapatkan approve dari Google AdSense biasanya adalah blogger yang kurang serius membangun blog mereka, tujuan utamanya adalah sekedar mendapatkan approve dan itu saja sebenarnya.

Nah, sampai disini dulu informasi dari saya terkait dengan alasan kenapa blog kamu selalu ditolak Google AdSense. Semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kamu semuanya. Terimakasih dan semoga berguna.

Sumber gambar: flaticon.com/authors/pixel-perfect
Related Posts
Newest Older
Cynef
Memiliki minat pada ilmu pengetahuan khususnya pada bidang teknlogi, membuat saya tertarik untuk menulis apa yang saya ketahui pada blog Cynef, sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

1 comment